Arti kata petang-petang - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online (2024)

Kata dasar

    Memuat

    • petang1

    Pranala (link): https://kbbi.web.id/petang-petang

    pe·tang1 n waktu sesudah tengah hari (kira-kira dari pukul tiga sampai matahari terbenam); sore: pukul lima --; besok -- , (besok petangnya), petang sesudah hari ini;
    -- Ahad malam Senin Ahad malam menjelang hari Senin;
    -- esok sore pada hari sesudah hari ini;
    -- hari sore;

    pe·tang-pe·tang n sore(-sore);

    me·me·tang-me·tang·kan v, ~ hari membuang-buang waktu (dengan bercakap-cakap dan sebagainya);

    pe·me·tang-me·tang·an n, ~ hari perintang-rintang waktu;

    ke·pe·tang·an 1 v kena petang: datanglah lebih awal jangan sampai ~; 2 a terlalu petang;

    se·pe·tang-pe·tang·an n selama waktu petang; sepanjang petang

    ✔ Tentang KBBI daring ini

    Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Daring (Dalam Jaringan / Online tidak resmi) yang dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata (lema/sub lema). Berbeda dengan beberapa situs web (laman/website) sejenis, kami berusaha memberikan berbagai fitur lebih, seperti kecepatan akses, tampilan dengan berbagai warna pembeda untuk jenis kata, tampilan yang pas untuk segala perambah web baik komputer desktop, laptop maupun telepon pintar dan sebagainya. Fitur-fitur selengkapnya bisa dibaca dibagian Fitur KBBI Daring.

    Database utama KBBI Daring ini masih mengacu pada KBBI Daring Edisi III, sehingga isi (kata dan arti) tersebut merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa). Diluar data utama, kami berusaha menambah kata-kata baru yang akan diberi keterangan tambahan dibagian akhir arti atau definisi dengan "Definisi Eksternal". Semoga semakin menambah khazanah referensi pendidikan di Indonesia dan bisa memberikan manfaat yang luas. Aplikasi ini lebih bersifat sebagai arsip saja, agar pranala/tautan (link) yang mengarah ke situs ini tetap tersedia. Untuk mencari kata dari KBBI edisi V (terbaru), silakan merujuk ke website resmi di kbbi.kemdikbud.go.id

    ✔ Fitur KBBI Daring

    • Pencarian satu kata atau banyak kata sekaligus
    • Tampilan yang sederhana dan ringan untuk kemudahan penggunaan
    • Proses pengambilan data yang sangat cepat, pengguna tidak perlu memuat ulang (reload/refresh) jendela atau laman web (website) untuk mencari kata berikutnya
    • Arti kata ditampilkan dengan warna yang memudahkan mencari lema maupun sub lema. Berikut beberapa penjelasannya:
      • Jenis kata atau keterangan istilah semisal n (nomina), v (verba) dengan warna merah muda (pink) dengan garis bawah titik-titik. Arahkan mouse untuk melihat keterangannya (belum semua ada keterangannya)
      • Arti ke-1, 2, 3 dan seterusnya ditandai dengan huruf tebal dengan latar lingkaran
      • Contoh penggunaan lema/sub-lema ditandai dengan warna biru
      • Contoh dalam peribahasa ditandai dengan warna oranye
      • Ketika diklik hasil dari daftar kata "Memuat", hasil yang sesuai dengan kata pencarian akan ditandai dengan latar warna kuning
    • Menampilkan hasil baik yang ada di dalam kata dasar maupun turunan, dan arti atau definisi akan ditampilkan tanpa harus mengunduh ulang data dari server
    • Pranala (Pretty Permalink/Link) yang indah dan mudah diingat untuk definisi kata, misalnya :
      • Kata 'rumah' akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/rumah
      • Kata 'pintar' akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/pintar
      • Kata 'komputer' akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/komputer
      • dan seterusnya
      Sehingga diharapkan pranala (link) tersebut dapat digunakan sebagai referensi dalam penulisan, baik di dalam jaringan maupun di luar jaringan.
    • Aplikasi dikembangkan dengan konsep Responsive Design, artinya tampilan situs web (website) KBBI ini akan coco*k di berbagai media, misalnya smartphone ( Tablet pc, iPad, iPhone, Tab), termasuk komputer dan netbook/laptop. Tampilan web akan menyesuaikan dengan ukuran layar yang digunakan.
    • Tambahan kata-kata baru diluar KBBI edisi III
    • Penulisan singkatan di bagian definisi seperti misalnya: yg, dng, dl, tt, dp, dr dan lainnya ditulis lengkap, tidak seperti yang terdapat di KBBI PusatBahasa.

    ✔ Informasi Tambahan

    Tidak semua hasil pencarian, terutama jika kata yang dicari terdiri dari 2 atau 3 huruf, akan ditampilkan semua. Jika hasil pencarian dari daftar kata "Memuat" sangat banyak, maka hasil yang dapat langsung di klik akan dibatasi jumlahnya. Selain itu, untuk pencarian banyak kata sekaligus, sistem hanya akan mencari kata yang terdiri dari 4 huruf atau lebih. Misalnya yang dicari adalah "air, minyak, larut", maka hasil pencarian yang akan ditampilkan adalah minyak dan larut saja.

    Untuk pencarian banyak kata sekaligus, bisa dilakukan dengan memisahkan masing-masing kata dengan tanda koma, misalnya: ajar,program,komputer (untuk mencari kata ajar, program dan komputer). Jika ditemukan, hasil utama akan ditampilkan dalam kolom "kata dasar" dan hasil yang berupa kata turunan akan ditampilkan dalam kolom "Memuat". Pencarian banyak kata ini hanya akan mencari kata dengan minimal panjang 4 huruf, jika kata yang panjangnya 2 atau 3 huruf maka kata tersebut akan diabaikan.

    Edisi online/daring ini merupakan alternatif versi KBBI Offline yang sudah dibuat sebelumnya (dengan kosakata yang lebih banyak). Bagi yang ingin mendapatkan KBBI Offline (tidak memerlukan koneksi internet), silakan mengunjungi halaman web ini KBBI Offline. Jika ada masukan, saran dan perbaikan terhadap kbbi daring ini, silakan mengirimkan ke alamat email: ebta.setiawan || gmail || com

    Kami sebagai pengelola website berusaha untuk terus menyaring iklan yang tampil agar tetap menampilkan iklan yang pantas. Tetapi jika anda melihat iklan yang tidak sesuai atau tidak pantas di website kbbi.web.id, ini silakan klik Laporkan Iklan

    KBBI Online ini dikembangkan oleh Ebta Setiawan © 2012-2023 versi 2.9
    Database utama menggunakan KBBI Daring edisi III, Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa)

    Arti kata petang-petang - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online (2024)

    FAQs

    Apa arti petang dalam KBBI? ›

    Makna Kata Petang Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

    Mengutip laman website resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia, kbbi. web.id, petang adalah waktu sesudah tengah hari (kira-kira dari pukul tiga sampai matahari terbenam). Kata petang juga bisa diartikan waktu sore hari karena sudah melewati batas waktu siang.

    Apa pengertian dari petang? ›

    Sore atau petang adalah suatu masa dalam hari setelah berlangsungnya siang. Waktu sore menjadi penghubung antara siang dan malam, sore adalah hari sebelum matahari terbenam, sore adalah hari kepulangan sehingga para pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan dan pegawai lainnya menyudahi aktivitasnya pada waktu sore.

    Petang hari artinya apa? ›

    Petang adalah periode hari yang dimulai pada akhir sore dan tumpang tindih dengan awal malam . Waktu yang tepat saat malam mulai dan berakhir bergantung pada lokasi, waktu dalam setahun, dan budaya, tetapi umumnya dianggap sebagai permulaan saat Matahari rendah di langit dan berlangsung hingga akhir temaram .

    Apa arti dari kata menurut KBBI? ›

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dapat berupa elemen terkecil dalam sebuah bahasa yang diucapkan atau dituliskan dan merupakan realisasi kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa.

    Apa perbedaan petang dan sore? ›

    Kata sore bermakna saat sesudah tengah hari sampai saat matahari terbenam atau dari pukul 14.00 sampai dengan pukul 18.00. Khusus saat menjelang matahari terbenam atau dari pukul 16.00 sampai dengan pukul 18,00, kita menyebutnya petang.

    Apa arti petang dan pagi? ›

    Bagi kita sekarang ini, yang disebut dengan "petang" adalah saat di mana matahari mulai terbenam, hari mulai gelap dan yang disebut "pagi" adalah saat di mana matahari mulai terbit, hari mulai terang.

    Petang itu jam berapa? ›

    Pasalnya, waktu petang menunjukkan mulai pukul 15.00 sampai matahari terbenam. Atau, petang juga sering disebut waktu sesudah tengah hari. Malam adalah waktu setelah sore, senja, atau petang, yakni mulai pukul 19.00 sampai 00.00. Di jam tersebut kamu bisa menyebut waktu malam.

    Apa yang dimaksud dengan dzikir petang? ›

    Dzikir petang merupakan ibadah yang dianjurkan untuk diamalkan setiap harinya. Agar segala urusanmu dimudahkan oleh Allah SWT, dianjurkan untuk mengamalkan dzikir saat petang tiba. Adapun yang dikategorikan sebagai waktu petang adalah ketika tenggelamnya matahari hingga tengah malam.

    Apakah jam 18.00 termasuk sore atau malam? ›

    Pukul 15:00-18:00 adalah sore.

    Kapan waktu petang dalam Islam? ›

    Berdasarkan hadits tersebut, Rasulullah SAW menunjukkan tepatnya waktu petang yang dimulai dari sholat Ashar hingga terbenamnya matahari. Selain itu, orang yang berdzikir di waktu petang lebih dicintai Rasulullah SAW daripada memerdekakan empat orang budak.

    Senja artinya apa? ›

    dari bahasa Sanskerta sandhyā (“'saat matahari baru terbenam'”).

    Kendang artinya apa? ›

    Kendang adalah waditra1 membranophones yang terbuat dari kulit sebagai wangkisnya (muka bidang) dan kayu berongga sebagai badannya. Kendang dalam karawitan Sunda temasuk salah satu waditra yang terdapat dalam gamelan pélog saléndro maupun gamelan degung.

    KBBI apa artinya? ›

    Jakarta—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan kamus umum yang bersifat historis. Artinya, KBBI merekam semua fakta kebahasaan yang pernah dan tengah hidup dalam masyarakat tutur bahasa Indonesia. Selain sebagai kamus historis, KBBI juga merupakan kamus yang hidup (living dictionary).

    Bahasa Indonesia artinya apa? ›

    Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan nasional Republik Indonesia. Pengertian bahasa Indonesia mencakup beberapa aspek yang menjelaskan bahasa ini: Bahasa Nasional: Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Indonesia yang digunakan secara luas di seluruh wilayah negara tersebut.

    1 Apa arti bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI? ›

    Menurut KBBI bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Bahasa juga merupakan percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, maupun sopan santun.

    Apa arti kata petang pada larik ketiga puisi tersebut? ›

    Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang masa tua . Jadi, jawaban yang tepat adalah D . Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang masa tua.

    Apa arti kata senja dalam KBBI? ›

    Menurut KBBI, secara harfiah, senja adalah waktu (hari) setengah gelap sesudah matahari terbenam.

    Apa arti pagi buta dalam KBBI? ›

    Untuk memastikannya, ada baiknya kita mengecek KBBI: Maka istilah pagi-pagi buta bermakna pagi yang bahkan matahari belum terbit (masih gelap), dan seperti yang saya tuliskan di atas, buta merupakan majas yang menggambarkan kata "gelap".

    References

    Top Articles
    Full Information About Mikayla Campinos
    Find Mikayla Campinos On The Internet
    Tyler Sis 360 Louisiana Mo
    Chase Bank Operating Hours
    Umn Pay Calendar
    Midway Antique Mall Consignor Access
    A.e.a.o.n.m.s
    What Does Dwb Mean In Instagram
    Gma Deals And Steals Today 2022
    Chile Crunch Original
    Google Feud Unblocked 6969
    Conscious Cloud Dispensary Photos
    Costco Gas Foster City
    24 Hour Drive Thru Car Wash Near Me
    Persona 4 Golden Taotie Fusion Calculator
    Ratchet & Clank Future: Tools of Destruction
    FDA Approves Arcutis’ ZORYVE® (roflumilast) Topical Foam, 0.3% for the Treatment of Seborrheic Dermatitis in Individuals Aged 9 Years and Older - Arcutis Biotherapeutics
    Chaos Space Marines Codex 9Th Edition Pdf
    Encore Atlanta Cheer Competition
    Like Some Annoyed Drivers Wsj Crossword
    Www Va Lottery Com Result
    Gotcha Rva 2022
    Trivago Myrtle Beach Hotels
    D2L Brightspace Clc
    Shelby Star Jail Log
    Dhs Clio Rd Flint Mi Phone Number
    Duke University Transcript Request
    Funky Town Gore Cartel Video
    Eegees Gift Card Balance
    Allegheny Clinic Primary Care North
    Bfri Forum
    Roch Hodech Nissan 2023
    Supermarkt Amsterdam - Openingstijden, Folder met alle Aanbiedingen
    Back to the Future Part III | Rotten Tomatoes
    Bay Focus
    The best Verizon phones for 2024
    Streameast.xy2
    The TBM 930 Is Another Daher Masterpiece
    Citibank Branch Locations In Orlando Florida
    Armageddon Time Showtimes Near Cmx Daytona 12
    Unblocked Games Gun Games
    Senior Houses For Sale Near Me
    FedEx Authorized ShipCenter - Edouard Pack And Ship at Cape Coral, FL - 2301 Del Prado Blvd Ste 690 33990
    Holzer Athena Portal
    Enter The Gungeon Gunther
    Espn Top 300 Non Ppr
    The Quiet Girl Showtimes Near Landmark Plaza Frontenac
    Dineren en overnachten in Boutique Hotel The Church in Arnhem - Priya Loves Food & Travel
    Compete My Workforce
    Dumb Money Showtimes Near Regal Stonecrest At Piper Glen
    Invitation Quinceanera Espanol
    Craigslist Centre Alabama
    Latest Posts
    Article information

    Author: Lakeisha Bayer VM

    Last Updated:

    Views: 6054

    Rating: 4.9 / 5 (69 voted)

    Reviews: 84% of readers found this page helpful

    Author information

    Name: Lakeisha Bayer VM

    Birthday: 1997-10-17

    Address: Suite 835 34136 Adrian Mountains, Floydton, UT 81036

    Phone: +3571527672278

    Job: Manufacturing Agent

    Hobby: Skimboarding, Photography, Roller skating, Knife making, Paintball, Embroidery, Gunsmithing

    Introduction: My name is Lakeisha Bayer VM, I am a brainy, kind, enchanting, healthy, lovely, clean, witty person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.